Misteri Ditembaknya Malaysia Airlines MH-17 di Atas Langit Ukraina

warning graphic content gambar memilukan
Malaysia Airline mh-17 ditembak diatas ukraina banner

Malaysia Airlines Penerbangan MH-17 Jurusan Amsterdam – KL, Ditembak Roket Saat Melintas di Atas Udara Ukraina

Malaysian Airlines MAS flight number MH-17

Ternyata ada sekitar 100 Ahli AIDS dunia yang ikut penerbangan MH-17. Percakapan telepon ungkap adanya mahasiswa Indonesia menjadi korban MH17. Apa sebab pesawat tersebut tidak dapat dikenali sebagai pesawat sipil oleh kelompok milisi? Mengapa MH17 tertembak rudal padahal terbang di ketinggian 30.000 kaki? Apa sebab pesawat tersebut tidak dapat dikenali sebagai pesawat sipil oleh kelompok milisi? Pesawat Malaysia Airlines mirip pesawat Kepresidenan Putin, apakah pemberontak pro-Ukraina salah target?

content 17 yoPesawat Malaysia Airlines penerbangan MH-17 bernomor ekor 9M-MRD yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, jatuh di sebelah timur Ukraina. Pesawat jenis Boeing 777-200ER itu dilaporkan jatuh di antara wilayah Rusia dan Ukraina bagian timur pada Kamis sore, 17 Juli 2014.
Pesawat ini jatuh 50 sampai 80 kilometers (31 hingga 50 mil) sebelum memasuki ruang udara Rusia. Laporan awal Reuters menyatakan bahwa pemerintah Ukraina menduga pesawat ini ditembak oleh rudal permukaan-ke-udara “Buk” pada ketinggian 10.000 m (33,000 kaki). Sekitar pukul 15:30 UTC, Malaysian Airlines melaporkan via Twitter bahwa mereka hilang kontak dengan MH17.
Menurut The Daily Telegraph, pesawat ini jatuh di Torez, dekat Shakhtersk, sekitar 40 km (25 mil) dari perbatasan Rusia. Seperti dikutip dari kantor berita Telegraph, pesawat mengangkut 295 penumpang. Dikabarkan, pesawat jatuh karena ditembak. Seluruh penumpang diperkirakan tewas.
mas mh-17 twitter
Kronologi Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina
Berikut kronologi jatuhnya pesawat sebagaimana dikutip The Star Online:
Kamis, 17 Juli
18.00: Pesawat dijadwalkan berangkat dengan nomor penerbangan MH17, jenis Boeing 777, dari Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.
18.15: MH17 berangkat dari Amsterdam dengan membawa 280 penumpang dan 15 kru.
22.15: Malaysia Airlines (MAS) menerima pemberitahuan dari Air Traffic Control (ATC) Ukraina bahwa mereka kehilangan kontak dengan MH17 sekitar 30 kilometer dari Tamak, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Rusia-Ukraina.
23.30: MH17 diperkirakan mengalami kecelakaan. MAS merilis tweet resmi, “Malaysia Airlines telah kehilangan kontak MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir diketahui di wilayah udara Ukraina”.
23.40: Kantor berita Interfax mengabarkan, pesawat telah ditembak di atas ketinggian 10 kilometer di atas Ukraina bagian timur.
mh-17 burning 01
Pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 ‘ditembak jatuh’ di Ukraina : 295 penumpang tewas, 17 Juli 2014. Pesawat dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia. (mirror)
Interfax telah mengonfirmasi bahwa lokasi terbakarnya pesawat di Ukraina timur. Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan kru meninggal. Pesawat ditembak jatuh ketika terbang di ketinggian 30.000 kaki (kira-kira 10 km).
Igor Strelkov, pimpinan milter separatis Rusia, mengirimkan pesan di media sosial VKontakte sebelum MH17 jatuh. Ia menulis bahwa pemberontak telah menembak jatuh pesawat Antonov An-26 (pesawat dengan dua baling-baling di bagian sayap), yang biasa digunakan Angkatan Udara Ukraina, di wilayah dekat Torez.
Jumat, 18 Juli
00.03: Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk menginstruksikan investigasi kecelakaan pesawat tersebut.
00.05: Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menulis di Twitter, “Saya terkejut dengan laporan kecelakaan MH17. Kami akan langsung melakukan investigasi.”
00.18: Pihak berwenang Ukraina di lokasi kecelakaan mengatakan, paling sedikit 100 jenazah ditemukan di lokasi, dan potongan tubuh jenazah tersebar sekitar 15 kilometer dari lokasi.
00.30: Baik pemerintah maupun pemberontak Ukraina membantah telah menembak jatuh MH17. Sebuah peluru kendali (rudal) darat ke udara diduga digunakan untuk menembak pesawat itu hingga jatuh. Menurut kantor berita RIA, Presiden Rusia Vladimir Putin berkomunikasi dengan Presiden Barack Obama tentang kecelakaan ini.
12.45: Lokasi kecelakaan berada di Desa Grabovo, di wilayah Donetsk.
02.10: Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyebutkan, sedikitnya empat warga negara Perancis menjadi penumpang MH17.
02.28: Kantor berita Interfax melaporkan, pemberontak separatis Rusia mengklaim menemukan kotak hitam MH17.
04.15: Dalam jumpa pers, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengatakan, Organisasi Internasional Penerbangan Sipil (ICAO) mengklaim rute yang dilalui pesawat MH17 adalah rute aman. Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) juga menyatakan, jalur penerbangan MH17 tidak termasuk daerah terlarang.
06.10: MH17 dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.
07.30: Malaysia Airlines mengatakan, semua pesawat mereka dari Eropa akan mengambil rute alternatif menghindari jalur biasa di tempat MH17 jatuh.
07.30: MAS mengonfirmasi bahwa MH17 membawa 298 orang, 283 penumpang, termasuk tiga bayi dengan kewarganegaraan berbeda, dan 15 kru. Ini sekaligus ralat atas informasi yang disebutkan sebelumnya bahwa penumpang berjumlah 295 orang.
Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengatakan bahwa Malaysia Airlines menyebut tidak ada panggilan darurat yang dilakukan MH17. Menurut informasi dari ATC di Kiev, lokasi suar darurat di 48 derajat 7 menit 23 detik Lintang Utara dan 38 derajat 31 menit 33 detik di Bujur Timur. Pemerintah Ukraina yakin bahwa pesawat telah ditembak jatuh. “Namun, Malaysia belum bisa memverifikasi hal ini,” kata Najib.
MH-17 crashed site ukraine border
Posisi terakhir MH-17 yang jatuh di Ukraina bagian timur dekat perbatasan dengan Russia. (skynews).
Pemerintah Malaysia akan berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan pesawat ini dan berjanji membawa pihak yang bertanggung jawab ke pengadilan. Pemerintah Malaysia mengirim pesawat khusus ke Kiev, bersama staf bencana alam Malaysia, tim penyelamat, dan tenaga medis.
Posko darurat telah dibangun dan pemerintah Malaysia terus melakukan komunikasi dengan Ukraina. Najib menyebutkan, Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji akan melakukan investigasi independen. Ukraina akan melakukan negosiasi dengan pemberontak di bagian timur negara tersebut.
MH17 Lewat Dekat Zona Perang Demi Irit BBM? 
Sementara itu, harian Daily Mail yang terbit di Inggris menyebut pilot Malaysia Airlines mengabaikan beberapa peringatan untuk menghindari wilayah udara Ukraina.
“Malaysia Airlines, seperti sejumlah operator lainnya, terus menggunakan rute itu karena merupakan rute yang lebih pendek, yang berarti lebih sedikit bahan bakar dan karena itu lebih murah,” tulis media itu mengutip seorang pengamat penerbangan.
Wilayah udara dimana pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh memang bukan wilayah yang masuk zona larangan terbang. Namun menurut Daily Mail, semua maspakai penerbangan yang terbang dari dan ke Eropa sudah diperingatkan tentang potensi bahaya.
Peta rute Malaysia Airline, nomer penerbangan MH-17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Jatuh ditembak rudal "Buk" saat melintasi udara Ukraina.
Peta rute Malaysia Airline, nomer penerbangan MH-17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Jatuh ditembak rudal “Buk” saat melintasi udara Ukraina.
Media Daily Mail menyoroti spekulasi yang berkembang bahwa MH17 sengaja mengambil jalan pintas melintasi wilayah yang disengketakan di timur Ukraina untuk menghemat bahan bakar.
Maskapai ini, tulis media itu, sudah dua kali diperingatkan tentang risiko terbang di atas daerah di mana dua pesawat militer Ukraina sebelumnya juga ditembak jatuh.
Pada bulan April 2014, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organisation/ICAO) menyarankan operator untuk mempertimbangkan alternatif rute setelah menguraikan “kemungkinan adanya risiko serius bagi keamanan penerbangan sipil internasional”.
Salah satu puing Malaysia Airline MH-17 via:RT@twitter.
Salah satu puing Malaysia Airline MH-17 via:RT@twitter.
Pada hari Senin, Eurocontrol – badan yang mengkoordinasikan semua lalu lintas di wilayah udara Eropa – mengirimkan sebuah catatan resmi kepada penerbang, yang dikenal sebagai Notam, mengulangi peringatan dan mengatakan “sangat menyarankan untuk menghindari wilayah udara itu”.
Malaysia Airlines lepas landas dari Bandara Schiphol di Belanda beberapa jam sebelum ditembak jatuh.
Sebelumnya, rute ini memang merupakan rute favorit karena lebih pendek dan karenanya lebih murah. Pesawat jenis jet ini tengah berada pada ketinggian 33 ribu kaki dan 490 knot ketika menghilang dari layar radar saat mendekati perbatasan Rusia.
Lebih dari 10 Orang WNI Menjadi Korban Malaysia Airlines MH17
Hampir sebagian besar penumpang Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina berkebangsaan Belanda. Pada awalnya dari semua korban, terdapat 11 orang diantaranya memakai pasport Indonesia, lalu korban bertambah menjadi 12 orang, kemudian korban bertambah lagi menjadi 13 orang.
Kebanyakan warga negara Indonesia yang turut dalam penerbangan pesawat Malaysia Airlines MH17 berencana pulang untuk merayakan libur Lebaran di Indonesia.
Malaysia Airlines MH-17 victims passengers crew
Daftar jumlah penumpang MH-17 yang jatuh di Ukraina yang terdiri dari 15 kewarganegaraan
Berikut daftar jumlah penumpang MH-17 yang jatuh di Ukraina yang terdiri dari 15 kewarganegaraan (lihat tabel disamping).
Untuk daftar lengkap manifest penumpang dan krew Malaysia Airlines MH-17 secara detail, dapat dilihat di bawah halaman ini.
Dari 283 penumpang dan 15 awak kabin yang berada di dalam pesawat nahas tersebut, dikabarkan tak satu pun yang berhasil selamat.
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyatakan kecelakaan ini “merupakan kecelakaan udara terburuk dalam sejarah penerbangan (dari) Belanda”.
KBRI Malaysia melalui Atase Perhubungan sudah mendapatkan nama-nama warga Indonesia yang menjadi korban MH-17. Nama-nama ini didapatkan dari pihak Malaysia Airlines, yang diteruskan oleh Atase Perhubungan KBRI Malaysia dan disampaikan melalui Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub J.A. Barata, Jumat (18/7/2014).
Berikut nama-nama warga negara Indonesia atau yang memakai pasport Indonesia dan menjadi korban MAS MH-17 jurusan Amsterdam – Kuala Lumpur (KL) yang ditembak jatuh tersebut:
1. Mr Hadiono Gunawan (kursi nomor  1D)
2. Mrs Yodricunda Theistiasih (kursi nomor  11E)
3. Mrs Ketut Wiartini (33) (kursi nomor  14H)
4. Mrs Yuli Hastini (44) (kursi nomor  16G)
5. Mrs Vickiline Kurniati Kardia (kursi nomor  19F)
6. Mrs Supartini (kursi nomor  31K)
7. Mr Hendry (28) (kursi nomor  32E)
8. Ms Gerda Leliana Lahenda (kursi nomor  14C)
9. MSTR Werther Smallenburg (kursi nomor  12E)
10. Mrs Jane M Adi Soetjipto (kursi nomor  14A)
11. Mr Wayan Sujana (kursi nomor  12D)
12. MSTR Clarice Yelena Huizen (Infant, bayi korban nomer 2)
13. Mr Arjuna Martin Paulissen (5 tahun, bayi korban nomor 4)
14. Ms Sri Paulissen (3 tahun, bayi korban nomor 4)
korban MH-17 indonesia  victims
Penumpang MH17 Punya Firasat Bakal Celaka
Seorang penumpang pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di timur Ukraina, Cor Pan, seperti punya firasat akan terjadi sesuatu dalam perjalanannya dari Bandara Schiphol, Amsterdam, menuju Kuala Lumpur pada Kamis, 17 Juli 2014.
Sebelum naik ke dalam pesawat, penumpang berkewarganegaraan Belanda yang tinggal di Volendam ini, menyempatkan diri memotret pesawat Malaysia Airlines yang sedang mengisi bahan bakar.
Foto itu kemudian diunggah ke akun Facebook-nya dan disematkan tulisan:
Mocht hij verdwijnen , zo ziet hij d’r uit.” (Jika pesawat ini menghilang, begini bentuknya)
Cor Pan (kiri), penumpang pesawat Malaysian Airlines MH17 yang jatuh di Donetsk, Ukraina sempat mengunggah foto pesawat naas ini ke akun Facebook miliknya. Nationalpost.com
Cor Pan (kiri), penumpang pesawat Malaysian Airlines MH17 yang jatuh di Donetsk, Ukraina sempat mengunggah foto pesawat naas ini ke akun Facebook miliknya. (Nationalpost.com)
cor pan facebook mh-17
Posting-an ini dipercaya sebagai bentuk kewaspadaan Pan atas peristiwa hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret lalu. Teman-teman di Facebook Pan mengomentari foto itu dengan nada bercanda.
Namun lelucon tadi berubah menjadi kepanikan saat ada kabar pesawat yang ditumpangi Pan bersama kekasihnya, Neeltje Tol, ditembak jatuh misil saat terbang di ketinggian 33 ribu kaki. Komentar di Facebook Pan lantas penuh pertanyaan tentang kabarnya dan berdoa mereka dalam keadaan baik.
Hingga seorang pejabat Malaysia Airlines, Huib Gorter, mengumumkan sebanyak 295 orang atau seluruh penumpang dan kru MH17 dipastikan tewas, akun Facebook Pan seketika penuh dengan ucapan belasungkawa.
Sedangkan korban lainnya, Regis Crolla asal Belanda, sempat mengunggah foto tiket penerbangan Malaysia Airlines penerbangan MH-17 miliknya lengkap dengan tiket penerbangan pulangnya MH-715, pasport dan peta Malaysia di akun Instagram miliknya.
mh-17 Regis Crolla's flight details, which he posted on Instagram
Regis Crolla asal Belanda, sempat mengunggah foto tiket penerbangan MH-17 miliknya lengkap dengan pasport dan peta Malaysia di akun Instagram miliknya. (Instagram).
Lain lagi dengan kekhawatiran di akun Instagram milik Mohammad Ali bin Mohammad Salim (30), seorang mahasiswa psikologi tingkat doktoral atau Doktor Falsafah (PhD) dalam bidang Development Neuropsychopathology di Erasmus University, Rotterdam, Belanda. Ia berencana akan pulang ke rumahnya untuk merayakan Lebaran mendatang di Muar, Johor, Malaysia.
Ia bahkan sempat mengunggah sebuah video beberapa saat sebelum pesawat tinggal landas, yang menunjukkan sejumlah penumpang lain sedang menaruh barang-barang mereka di kompartemen di atas kepala. Dalam keterangan video itu, pria berusia 30 tahun tersebut tampak mengungkapkan kegelisahannya ketika hendak terbang pulang ke negaranya.
Bismillah… #hatiadasikitgentar (merasa sedikit gugup),” demikian bunyi keterangan video itu.
Sebuah pengumuman, yang diyakini merupakan suara pilot, terdengar di latar belakang. “Saat ini, kita berada di tahap akhir boarding dan pemuatan kargo. Sekali lagi, pastikan semua telepon Anda telah dimatikan…,” kata pilot itu, sebelum video tersebut berakhir. (lihat videonya via Youtube).
Mohammad Ali bin Mohammad Salim (30) video MH-17
Pengamat: MH17 Ditembak Rudal Tekanan Tinggi
Pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengatakan kecelakaan Malaysia Airlines MH 17 diduga kuat disebabkan oleh tembakan rudal bertekanan tinggi yang dioperasikan oleh radar khusus.
“Terlihat dari gambar puing-puingnya. Ini tidak mungkin ditembak dari rudal yang dioperasikan dari darat. Intensitas tekanannya sangat tinggi,” kata Gerry, saat dihubungi, Jumat, 18 Juli 2014.
Menurut Gerry, pesawat yang ditembak dengan rudal berkekuatan tinggi akan sangat mudah hilang kendali atau oleng di udara, terutama jika rudal membuat tubuh pesawat pecah.
Seorang pejabat Ukraina akui pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh oleh rudal yang ditembakkan dari peluncur Buk, pada ketinggian 33.000ft. (mirror)
Seorang pejabat Ukraina akui pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh oleh rudal yang ditembakkan dari peluncur Buk, pada ketinggian 33.000ft. (mirror)
“Mungkin rudal itu memang bukan mengejar mesin, tetapi bodi. Namun, kalau tekanan udara di dalam pesawat lebih rendah dibanding tekanan luar pasti akan tergoncang dan bisa terpecah,” ujar Gerry.
Dari hasil pengamatan gambar puing dan video yang diunggah di YouTube, Gerry memprediksi mesin pesawat sudah terbakar di udara. “Saya lihat pesawat sempat menukik, mesin terbakar, dan meledak di udara,” ujar Gerry.
Pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah timur Ukraina atau 4 kilometer dari perbatasan Rusia. Pemerintah Ukraina menyatakan pesawat jatuh karena ditembak.
Pihak maskapai juga menyatakan tidak ada panggilan darurat terakhir yang dikirim dari tim pilot pesawat. Pesawat terbang dari Amsterdam, Belanda, dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pada Jumat pagi, pukul 06.10 waktu Malaysia.
Puing Malaysia Airlines MH-17 yang hancur dan terbakar.
Puing Malaysia Airlines MH-17 yang hancur dan terbakar.
Pesawat yang meledak ini bertipe Boeing 777-200, yang dikatakan Gerry, sebagai pesawat terbaik di kelasnya. “Hanya tercatat satu hingga tiga kecelakaan dengan tipe pesawat ini. Dibanding tipe lain di kelasnya, ini tipe terbaik,” kata Gerry.
Tragedi jatuhnya MH-17 yang bernomor ekor 9M-MRD ini merupakan insiden besar kedua bagi Malaysia Airlines sekaligus armada 777-nya dalam lima bulan terakhir setelah Malaysia Airlines Penerbangan 370 hilang bulan Maret 2014 lalu.
Mengapa MH17 Tertembak Rudal Padahal Terbang di 30.000 Kaki?
Ternyata, pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 yang ditembak jatuh rudal di wilayah udara Ukraina diduga terbang di wilayah udara yang ditutup. Otoritas pengendali udara Pan Eropa, Eurocontrol sudah menerbitkan NOTAM tersebut sebelum penerbangan MH17.
Menurut Airliners.net, Eurocontrol telah menerbitkan NOTAM (Notice to Airmen), semacam pemberitahuan yang diterbitkan oleh otoritas penerbangan kepada pilot tentang potensi bahaya suatu penerbangan yang akan dilaluinya, bisa cuaca, abu vulkanik, atau termasuk zona larangan terbang.
Dalam NOTAM yang dirilis pada 17 Juli 2014 pukul 00.00 GMT, Eurocontrol menyatakan bahwa terjadi aksi peperangan wilayah udara perbatasan Ukraina dan Federasi Rusia. Sementara penerbangan MH17 berangkat sekitar pukul 10.00 GMT dari bandara Schipol, Amsterdam.
Di wilayah udara tersebut terjadi aksi penembakan dari wilayah Ukraina ke wilayah Rusia. Untuk memastikan keselamatan penerbangan, wilayah udara tersebut ditutup hingga ketinggian 32.000 kaki.
Namun dikutip dari Flightglobal, otoritas Eurocontrol mengatakan bahwa MH17 terbang di area ketinggian yang dilarang. “Rute ketinggian yang dilewati MH17 memang boleh dilewati,” terang Eurocontrol.
MAS MH-17 saat jatuh dan terbakar dan menghasilkan kepulan asap yang dapat dilihat dari jarak beberapa kilometer.
MAS MH-17 saat jatuh dan terbakar dan menghasilkan kepulan asap yang dapat dilihat dari jarak beberapa kilometer.
Dalam NOTAM-nya, Eurocontrol memang menetapkan wilayah udara Ukraina tersebut tertutup hingga ketinggian 32.000 kaki saja, sementara MH17 terbang di ketinggian 33.000 kaki (lebih tinggi 1000 kaki).
Namun, dikutip dari Dailymail, sistem misil BUK yang diduga menghancurkan MH17 ternyata memiliki jangkauan tembak hingga ketinggian 75.000 kaki. Atas dasar inilah Eurocontrol kemudian memutuskan untuk benar-benar menutup wilayah udara Ukraina.
“Semua flight plan yang diisi menggunakan rute tersebut saat ini kami tolak,” ujar pernyataan Eurocontrol. “Rute tersebut akan ditutup hingga peberitahuan lebih lanjut,” imbuh mereka.
EuroControl juga menyertakan daftar airways dan waypoint yang tidak boleh dilintasi dalam NOTAM tersebut. Seperti airways L980 dan A87, jalur udara yang diyakini dilewati oleh MH17 sesaat sebelum hilang kontak.
Penerbangan MH17 terhenti saat melintasi waypoint GANRA (N48°26’43.00″ E037°11’13.00″) dan waypoint TAMAK (N47°51’24.00″ E039°13’06.00″) yang berada di sebelah timur perbatasan Ukraina dengan Rusia.
Menurut data dari Flighradar 24, penerbangan MH17 berakhir antara kedua waypoint tersebut di wilayah Snizhne, Ukraina, pada 17 Juli 2014 pukul 13:21 GMT, di ketinggian 33.000 kaki dalam kecepatan 490 knot.
Jejak penerbangan MH17 pada 17 Juli 2014 bisa dilihat melalui situs Flightradar 24 dengan mengunjungi tautan berikut ini.
mh-17 tracking radar
Jejak terakhir yang terpantau oleh radar dari penerbangan Malaysia Airlines MH-17. (flightradar24).
Berikut NOTAM yang dikeluarkan Eurocontrol pada 17 Juli 2014, 00.00 GMT:
URRV V6158/14 17JUL0000-31AUG2359
Q) URRV/QARLC/IV/NBO/E/000/530/4818N04023E095
A) URRV B) 1407170000 C) 1408312359 EST
E) DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FIRING FROM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:
A100 MIMRA – ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND) ,
B145 KANON – ASMIL,
G247 MIMRA – BAGAYEVSKIY NDB (BA),
A87 TAMAK – SARNA,
A102 PENEG – NALEM,
A225 GUKOL – ODETA,
A712 TAMAK – SAMBEK NDB (SB),
B493 FASAD – ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B947 TAMAK – ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
G118 LATRI – BAGAYEVSKIY NDB (BA),
G534 MIMRA – TOROS,
G904 FASAD – SUTAG,
R114 BAGAYEVSKIY NDB (BA)-NALEM.
SFC – FL320.
Apa sebab pesawat tersebut tidak dapat dikenali sebagai pesawat sipil oleh kelompok milisi?
Sistem rudal BUK yang ditengarai menjatuhkan pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah udara Ukraina (Yuriy Lapitskiy via Wikimedia Commons).
Sistem rudal BUK yang ditengarai menjatuhkan pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah udara Ukraina (Yuriy Lapitskiy via Wikimedia Commons).
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai, hal itu terjadi karena rudal yang digunakan sebagai pertahanan udara itu tidak berada di tangan suatu pusat komando yang terintegrasi sebagaimana dimiliki umumnya oleh suatu negara dalam mempertahankan wilayah udaranya.
Padahal, lanjut Chappy, rudal BUK SA 6 yang dibuat tahun 1980-an oleh Uni Soviet (kala itu) termasuk kategori rudal darat-udara yang canggih.
“Tetapi kecanggihannya menjadi tidak canggih karena lepas dari sistem induknya dan dikuasi oleh kelompok separatis. Rudal itu menjadi terlepas sendiri,” kata Chappy Hakim.
“Dengan demikian, karena sistem komando yang tidak standar dan tidak terpadu, bisa terjadi seperti ini. Mereka tidak dapat membedakan ini pesawat apa,” Chappy Hakim menambahkan.
Percakapan Telepon Ungkap Adanya Mahasiswa Indonesia Menjadi Korban Kecelakaan MH17, Ulah Pemberontak?
Sebuah video yang baru diunggah di YouTube disebut-sebut menunjukkan penyadapan telepon dari para pemberontak pro-Rusia di wilayah timur Ukraina.
Menurut Telegraph, rekaman suara dalam video yang diimbuhi dengan tulisan terjemahan bahasa Inggris itu diklaim merupakan hasil penyadapan oleh Badan Keamanan Ukraina (SBU) yang kemudian dirilis di laman resminya.
Ada salah seorang WNI yang menjadi korban dalam jatuhnya pesawat Boeng 777 MH17 diduga adalah salah satu mahasiswa sedang belajar di Universitas di Thompson. Hal tersebut terungkap dalam transkrip pembicaraan antara dua orang separatis yang direkam oleh otoritas Ukraina melalui jaringan telpon sesaat sesudah pesawat MH17 jatuh.
Percakapan telpon itu terjadi 20 menit setelah kecelakaan pesawat antara Igor Bezler, komandan separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) dengan pimpinannya, seperti dilaporkan oleh laman Kyiv Post.
Dalam video itu disebutkan, sebuah kelompok militan yang dipimpin Igor “Bes” Bezler menggunakan sistem rudal pertahanan udara Rusia, menembak sebuah pesawat komersial menggunakan sistem rudal pertahanan udara buatan Rusia. Pesawat itu diidentifikasi sebagai Boeing 777 milik Malaysia Airlines.
People place candles and flowers at the Dutch embassy to commemorate the victims of Malaysia Airlines MH17, which crashed in eastern Ukraine, in Kiev July 17, 2014. The Malaysia Airlines Boeing 777, flying from Amsterdam to Kuala Lumpur, was brought down in eastern Ukraine on Thursday, killing all 295 people aboard and sharply raising the stakes in a conflict between Kiev and pro-Moscow rebels. REUTERS/Valentyn Ogirenko
People place candles and flowers at the Dutch embassy to commemorate the victims of Malaysia Airlines MH17, which crashed in eastern Ukraine, in Kiev July 17, 2014. The Malaysia Airlines Boeing 777, flying from Amsterdam to Kuala Lumpur, was brought down in eastern Ukraine on Thursday, killing all 295 people aboard and sharply raising the stakes in a conflict between Kiev and pro-Moscow rebels. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Dalam rekaman tersebut, dua pemberontak terdengar berbicara tentang sebuah pesawat yang ditembak jatuh. Awalnya mereka mengira itu pesawat militer. Namun, ketika seseorang yang disebut “Mayor” melapor kembali, dia tidak yakin pesawat apa yang mereka tembak.
Ini dia transkrip percakapan dua orang militan seperti dikutip stuff.co.nz (18/7/2014).
Major : Pesawatnya hancur di udara. Di daerah tambang Petropavlovskaya. Temuan “200” pertama (kode untuk korban). Kami menemukan “200” pertama. Seorang warga sipil.
Greek : Baiklah, apa yang kamu temukan di sana?
Major : Kesimpulan, 100 persen penumpang pesawat sipil.
Greek : Apakah banyak orang di sana?
Major : Astaga! Puing-puing jatuh tepat di sekitar halaman rumah.
Greek : Apa jenis pesawatnya?
Major : Saya belum menemukannya. Saya belum sampai ke lokasi utama. Saya masih mengamati areal di mana tubuh pertama ditemukan. Ada puing-puing, kursi dan mayat.
Greek : Apakah ada tersisa sejenis senjata?
Major : Tidak ada sama sekali. Semuanya barang-barang sipil, perlengkapan kesehatan, obat-obatan, handuk, kertas tissue toilet.
Greek : Apakah ada dokumen?
Major : Ya, seorang mahasiswa Indonesia. Dari universitas di Thompson.
Sampai saat ini kebenaran rekaman ini belum diverifikasi secara independen oleh masyarakat internasional. (lihat rekaman disini: Pro-Russian rebels discuss the shooting down of the Malaysian Airlines airliner)
Pesawat Malaysia Airlines Mirip Pesawat Kepresidenan Putin, Militer pro-Ukraina Salah Target?
mh17-russian presidential aircraft header_cotidianul.ro
Kontur pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 yang ditembak jatuh di perbatasan Ukraina dan Rusia disebut mirip dengan pesawat jet Presiden Rusia (Russian presidential aircraft) Vladimir Putin. Kedua pesawat sama-sama memiliki garis dimensi merah, putih, biru. Jika dilihat dari jauh, tampak terlihat sama.
Selain itu, pesawat MAS MH17 juga sama dengan rute pesawat jet Putin, sesaat sebelum kecelakaan yang menewaskan 298 orang itu terjadi. Kantor berita Interfax melaporkan, diduga yang menjadi sasaran tembak pemberontak sebenarnya adalah pesawat presiden Vladimir Putin.
Menurut sumber Interfax yang tidak bersedia disebutkan namanya, pesawat Putin dan pesawat Malaysia melalui titik yang sama, di sekitar Warsaw, pada ketinggian 10 ribu meter. Pesawat Putin berada disana sekitar pukul 16.21 waktu Moskow dan pesawat Malaysia pada pukul 15.44 waktu Moskow.
Namun, pada saat yang sama, Rusia Today menyatakan, menurut Gazeta.ru online, pesawat Putin tidak tidak terbang di atas Ukraina pada saat yang tersebut. Portal berita tersebut menyatakan pesawat Putin berangkat dari Vnukovo-3, (terminal yang hanya melayani jet bisnis), tapi presiden tidak terbang di atas wilayah konflik.
sukhoi-superjet100-mh370-mh17-russian presidential aircraft header
“Putin hanya punya satu jet, Boared One, ia tidak terbang dengan pesawat lain. Pesawat ini berangkat dari Vnukovo-3. Pesawat presiden tidak terbang di atas Ukraina untuk sementara,” ujar sumber di terminal Vnukovo-3.
Apalagi saat itu Presiden Putin, menurut Gazeta.ru, berada dalam perjalanan dari Brazil di mana ia menghadiri BRICS Summit, lalu pulang ke Moskow. Artinya, saat pulang dari Brazil ke Moskow, dipastikan pesawat kepresidenan Putin melewati udara Ukraina sebelum memasuki Russia.
Presiden Putin mengatakan Ukraina harus bertanggungjawab atas tragedi MAS.
“Jelas, negara di mana tragedi terjadi harus bertanggung jawab. Tragedi ini tidak akan terjadi jika ada kedamaian di tanah itu. Kita harus melakukan segala upaya dengan kekuatan kita untuk mengetahui apa yang terjadi pada semua korban,” ujar Putin menyampaikan belasungkawanya.
Pesawat MH17 jatuh di Ukraina dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Pesawat membawa 298 orang. Penumpang diperkirakan memasuki wilayah udara Rusia pada 5.20pm waktu lokal. “Pesawat jatuh di 60 kilometer dari perbatasan” ujar sumber dari Itar-Tass.
malaysia-777-mh17 crashed wrong identification banner
Pada Tahun 2001, Ukraina Pernah Tembak Jatuh Pesawat Komersil Siberia Airlines Russia
Siberia Airlines penerbangan 1812 adalah sebuah penerbangan dari maskapai Siberia Airlines milik Rusia.
Pesawat jenis Tupolev Tu-154 dengan nomor registrasi RA-85693 ini seketika dihantam rudal Ukraina pada saat sedang terbang pada ketinggian sekitar 35 ribu kaki diatas Laut Hitam, dalam perjalanan dari Tel Aviv, Israel ke Novosibirsk, Rusia.
https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6a/Tupolev_Tu-154M%2C_Siberia_Airlines_AN0558517.jpg
Tu-154 Sibir (siberia) Airlines
Penelitian dan investigasi terhadap kejadian ini pun dilakukan secara intensif.
Lalu para penyidik €‹kemudian menyimpulkan bahwa pasukan pertahanan udara Ukraina yang telah menembakkan dua rudal selama latihan militer besar-besaran.
Kedua rudal itu meluncur lalu: satu mencapai target, yang lain melenceng 150 mil hingga menghantam Siberia Airlines.
Kecelakaan ini menewaskan keseluruh 78 orang yang ada di dalamnya, terdiri dari  66 penumpang dan 12 awak pesawat. Di antara korban jiwa, selain warga Israel dan Rusia, tercatat pula penumpang berkewarganegaraan Turki, Amerika Serikat, dan Jerman.
Sikap Pemerintah Indonesia
Melalui akun facebook resminya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan belasungkawa atas musibah Pesawat Malaysia Airlines MH-17 yang jatuh di dataran timur Ukraina, Kamis, (17/7/2014).
“Atas nama negara dan pemerintahan Indonesia dan selaku pribadi, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi negara sahabat Malaysia dan para keluarga korban,” kata Presiden SBY dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jum’at (18/7/2014) siang.
Dari informasi berbagai sumber resmi mengenai jatuhnya Pesawat MH-17 yang disinyalir karena tertembak peluru dari darat, Presiden SBY menyerukan dilaksanakannya investigasi internasional agar pelaku dapat diberikan sanksi yang tegas.
Mengenai hal tersebut, Presiden SBY juga menyatakan Indonesia siap bergabung dalam kegiatan investigasi ini.
Menyusul memanasnya situasi di beberapa kawasan seperti Gaza dan Ukraina, Presiden SBY instruksikan maskapai Indonesia dan masyarakat Indonesia yang bepergian ke seluruh dunia untuk menghindari daerah konflik militer, khususnya perbatasan Ukraina-Rusia dan juga Jalur Gaza.
sby susilo-bambang
Dalam kesempatan ini pula, Presiden SBY menyerukan solusi damai untuk kedua kawasan yang kini memanas.
“Indonesia serukan solusi damai di Ukraina karena ternyata berdampak pada masyarakat dunia. Saya juga ingin sampaikan pada masyarakat internasional dan pemimpin dunia untuk serius atasi memburuknya situasi di Gaza, Palestina yang merenggut banyaknya korban sipil,” tambah Presiden SBY dalam akun facebook resminya.
Selain melalui akun facebook resminya, Presiden SBY juga mengunggah video Konferensi Pers Presiden SBY Terkait Tragedi MH 17 pada laman Youtube resminya (lihat video).
Presiden SBY juga mengajak negara-negara untuk memberikan bantuan kepada Malaysia dan Palestina yang kini mendapatkan musibah.
Ada Sekitar 100 Ahli AIDS Ikut Penerbangan MH-17
Banyak penumpang dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur itu adalah para peneliti dan aktivis AIDS terkemuka, mereka akan menghadiri konferensi besar AIDS yang dimulai hari Senin 21/7/2014 di Melbourne, Australia.

Martine de Schutter worked for AIDS Action Europe (huffingtonpost.co.uk)
Mereka termasuk di antara 298 penumpang pesawat penerbangan Malaysia Airlines yang jatuh di Ukraina timur yang bergolak.
Kematian mereka kemungkinan besar akan menyulitkan peristiwa yang memang sudah tragis, menyulitkan perjuangan melawan HIV dan AIDS karena hilangnya sejumlah peneliti terkemuka.
Pemimpin Australia menyalahkan separatis pro-Rusia atas peristiwa tragis itu dan mengatakan akan memanggil Duta Besar Rusia di Australia untuk membahas masalah tersebut.
“Ada angka-angka berbeda tentang jumlah penumpang yang akan menghadiri konferensi AIDS itu. Kami tahu ada sejumlah peneliti senior, para ilmuwan medis, dokter, aktivis garis depan dalam usaha melawan AIDS di seluruh dunia, yang ada di dalam pesawat itu. Dan ada sejumlah orang lain yang juga akan datang ke konferensi. Jadi, jumlah pastinya belum diketahui, tetapi tidak diragukan jumlahnya besar,” kata Napthine, perdana menteri negara bagian Victoria Australia.
The International AIDS Society mengatakan dalam pernyataan hari Jumat, mereka masih mempelajari apa dampak kecelakaan itu terhadap konferensi tersebut. Namun, mereka menambahkan, sebagai penghormatan atas dedikasi besar rekan-rekan mereka dalam melawan epidemi mematikan ini, konferensi tetap berjalan sesuai rencana.
Igor Girkin Strelkov, Dalang Penembakan Malaysia Airlines MH17
Pernyataan mengejutkan datang dari panglima separatis pro-Rusia, Igor Girkin. Mantan intelijen Rusia itu menyatakan jika pesawat Malaysia Airlines (MH17) yang ditembak pasukannya mengangkut para penumpang yang sudah tewas.
Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu 19 Juli 2014, pernyataan Girkin dilontarkan setelah pihaknya yang pertama kali datang ke lokasi menemukan banyaknya obat-obatan dan serum di antara puing-puing pesawat.
Setelah diamati, para penumpang ternyata sudah dalam keadaan tidak segar dan dalam keadaan membusuk. Ia pun menyatakan jika para penumpang telah tewas sebelum lepas landas dari Amsterdam, Belanda. Melalui situs separatis pro-Rusia di Ukraina, Russkaya Vesna, pihaknya mengklaim mendapati tubuh para korban juga sudah mengalami penggumpalan darah.
Igor Girkin strelkov pro russia
Igor Girkin Strelkov
“Bau ini tidak mungkin muncul dalam setengah jam dalam cuaca apapun. Dan kemarin berawan, tidak sangat panas,” sebut Girkin. Girkin juga menyebut bila pilot dalam kondisi baik. Gambaran itu disebutkannya jika kondisi kabin dalam keadaan baik dan tidak ditemukan bercak darah.
Namun, sepertinya ia ingin membuat alibi baru. Pasalnya, seorang warga Malaysia, Md. Ali Md. Salim yang ikut menjadi korban pesawat nahas itu mengunggah rekaman video yang ia ambil sebelum pesawat mengudara. (pada tulisan diatas).
Video yang ia unggah di Instagram-nya itu secara terang-terangan memperlihatkan kondisi para penumpang lain yang tengah sibuk memasukkan barang ke kabin. (lihat videonya via Youtube).
Diketahui, Igor Girkin merupakan orang yang paling gembira saat melihat pesawat MH17 jatuh di kawasan Donetsk, wilayah timur Ukraina, Kamis 17 Juli 2014. Namun, saat itu Igor tidak mengetahui jika pesawat yang ditembak jatuh merupakan pesawat sipil. Di akun Twitter-nya, dia sesumbar jika telah menembak jatuh sebuah Antonov-26, pesawat militer Angkatan Udara Ukraina di dekat sebuah tambang bernama Progress.
“Di daerah Torez kami berhasil menurunkan An-26, dan tergeletak di tambang ‘Progress’,” sebutnya. “Kami memperingatkan Anda – tidak terbang di ‘langit kami”. Namun, ia ternyata salah. Pasukannya ternyata menembak pesawat komersil berpenumpang 298 orang!
AS Tak Punya Bukti Keterlibatan Rusia dalam Penembakan Pesawat Malaysia MH-17
Para pejabat intelijen Amerika Serikat mengatakan mereka tidak mempunyai bukti keterlibatan langsung Rusia dalam penembakan pesawat penumpang Malaysia sampai jatuh di Ukraina timur itu, seperti yang ditulis oleh Voice of America.
Mereka mengatakan pemberontak pro-Rusia yang tidak terlatih dengan baik sehingga kemungkinan secara keliru menembak jatuh  pesawat penumpang itu.
Para pejabat memberi keterangan kepada wartawan mengenai musibah 17 Juli itu pada Selasa (22/7/2014) di Washington, dan meminta agar nama mereka jangan digunakan sehubungan dengan temuan sementara itu.
mh-17 debris puing 07
Mereka mengatakan pesawat penumpang dengan 298 orang di dalamnya itu kemungkinan ditembak jatuh oleh separatis dengan rudal darat-ke-udara SA-11 Rusia dan tidak ada yang selamat.
Para pejabat juga mengatakan mereka tidak mengetahui apakah ada orang Rusia hadir ketika rudal itu diluncurkan. Tetapi, mereka mengatakan Moskow menciptakan keadaan yang menimbulkan penembak-jatuhan itu.
Dalam lima hari setelah jatuhnya pesawat tersebut, Amerika Serikat, Ukraina dan beberapa negara Eropa telah menuduh Moskow memberi persenjataan rudal yang menjatuhkan pesawat tersebut.
Pesawat Sukhoi SU-25 Milik Pejuang di Ukraina Terdeteksi Satelit Russia Sedang Mendekati MH17 Sebelum Celaka
Militer Rusia mendeteksi jet tempur Ukraina SU-25 sedang mendekati Boeing MH17 pada hari bencana itu terjadi. Kiev harus menjelaskan mengapa jet militer melacak sebuah pesawat penumpang, kata Kementerian Pertahanan Rusia.
“Jet militer angkatan udara Ukraina terdeteksi sedang terbang mendekati MH-17, dengan jarak dari Boeing Malaysia adalah sekitar 3 sampai 5 kilometer,” kata Kepala Direktorat Operasi Utama markas pasukan militer Rusia, Letnan Jenderal Andrey Kartopolov yang berbicara pada sebuah konferensi pers di Moskow, Senin (21/07/2014) seperti yang ditulis Russia Today.
Radar yang menunjukkan MH-17 sedang didekati oleh Sukhoi Su25 (Image courtesy of the Russian Defense Ministry, via RT.com)
Radar yang menunjukkan MH-17 sedang didekati oleh Sukhoi Su25 (Image courtesy of the Russian Defense Ministry, via RT.com)
“Kami ingin mendapatkan penjelasan mengapa jet militer terbang di sepanjang koridor penerbangan sipil pada waktu yang hampir sama dan pada tingkat ketinggian yang sama dengan pesawat penumpang,” jelasnya.
“Pesawat jet tempur SU-25 dapat mencapai ketinggian 10 km, menurut spesifikasinya,” tambahnya. “Pesawat ini dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara R-60 yang dapat menghantam target pada jarak hingga 12 km, sehingga 5 km pasti kena. “
Kehadiran jet militer Ukraina dapat dikonfirmasi oleh sebuah video yang dibuat oleh pusat pemantauan di Rostov, Kartopolov menyatakan. (lihat video: Ukrainian Su-25 fighter detected in close approach to MH17 before crash / Download video – 80.3 MB)
Pada saat kecelakaan MH17 satelit Amerika melintas di atas wilayah timur Ukraina, menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Hal ini akan mendesak AS untuk mempublikasikan foto-foto ruang dan data yang diambil olehnya.
Selain itu, MH17 jatuh dalam zona operasi self-propelled dari sistem rudal “Buk” tentara Ukraina yang memiliki daya serang ‘jarak menengah dari permukaan-ke-udara’ atau medium-range surface-to-air‘, kata pihak Rusia.
“Kami juga memiliki gambar satelit mengenai tempat-tempat tertentu di mana pertahanan udara Ukraina terletak di tenggara negara itu,” kata Kartapolov.
Tiga tembakan rudal pertama yang ditunjukkan satelit telah terjadi pada tanggal 14 Juli. Gambar pada foto satelit menunjukkan bahwa sistem peluncuran rudal ‘Buk’ sekitar 8 km sebelah barat laut dari kota Lugansk – sebuah sistem Telar dan dua sistem TELs, menurut pejabat militer. Sedangkan gambar lainnya menunjukkan sebuah stasiun radar di dekat Donetsk.
Radar stations of the air defense in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 14, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry
Radar stations of the air defense in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 14, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry (Stasiun radar pertahanan udara di Donetsk Region, 5 km utara kota Donetsk, pada tanggal 14 Juli, 2014.Photo milik Departemen Pertahanan Rusia) (RT.com)
Sedangkan gambar ketiga (pada foto bawah) menunjukkan lokasi dari sistem pertahanan udara dekat Donetsk, jelasnya. Secara khusus, kita dapat dengan jelas melihat peluncur TELAR dan ada sekitar 60 kendaraan militer dan tenda tambahan untuk kendaraan dan struktur lainnya, jelasnya.
Buk missile defense units in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 14, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry
Buk missile defense units in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 14, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry (Unit pertahanan rudal Buk di Donetsk Region, 5 km utara kota Donetsk, pada tanggal 14 Juli, 2014.Photo milik Departemen Pertahanan Rusia) (RT.com)
“Potret dari daerah ini juga dibuat pada 17 Juli. Orang harus melihat bahwa peluncur rudal tidak ada (dari tempat kejadian) (foto nomor 4 dibawah). Sedangkan gambar nomor lima menunjukkan sistem rudal Buk di pagi hari yang sama pada daerah pemukiman Zaroschinskoe – 50 km selatan dari Donetsk dan 8 km selatan Shakhtyorsk, “kata Kartapolov.
No Buk missile defense units in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 17, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry
No Buk missile defense units in Donetsk Region, 5km north of Donetsk city, on July 17, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry (Tidak ada Buk rudal unit pertahanan di Donetsk Region, 5 km utara kota Donetsk, pada 17 Juli, 2014.Photo milik Departemen Pertahanan Rusia) (RT.com)
Buk missile defense units in Zaroschinskoe, 50km south of Donetsk city and 8km south of Shakhtyorsk, on July 17, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry
Buk missile defense units in Zaroschinskoe, 50km south of Donetsk city and 8km south of Shakhtyorsk, on July 17, 2014.Photo courtesy of the Russian Defense Ministry (Unit Buk rudal pertahanan di Zaroschinskoe, 50km selatan kota Donetsk dan 8 km selatan dari Shakhtyorsk, pada tanggal 17 Juli, 2014.Photo milik Departemen Pertahanan Rusia) (RT.com)
Pertanyaan yang harus dijawab adalah: “Mengapa sistem rudal muncul di dekat wilayah yang dikuasai oleh pasukan milisi setempat sesaat sebelum bencana,” katanya. Gambar yang diambil pada 18 Juli menunjukkan bahwa sistem rudal meninggalkan daerah kecelakaan MH17, kata pejabat militer.
Kartapolov juga menunjuk fakta, bahwa pada hari kecelakaan pesawat, militer Ukraina meningkatan aktivitas Radar Kupol-M1 9S18 milik Ukraina, yang merupakan bagian dari sistem rudal Buk.
“..ada 7 radar yang beroperasi pada tanggal 15 Juli, 8 radar yang beroperasi pada tanggal 16 Juli, dan 9 radar yang beroperasi pada 17 Juli di daerah. Lalu, dimulai dengan 18 Juli, intensitas kegiatan radarsecara  radikal menurun, dan sekarang tidak ada lebih dari dua atau tiga radar yang beroperasi sehari. Alasan dibalik semua ini belum ditemukan. “
Menanggapi bukti dari Moskow, pada Senin (21/07/2014) itu, pihak dari Kiev menyatakan bahwa rudal yang meruntuhkan sebuah pesawat Malaysia pekan lalu justru datang dari Rusia. “Ada bukti bahwa rudal yang menghantam pesawat diluncurkan oleh teroris yang menerima senjata dan ahli senjata dari pihak Federasi Rusia,” kata juru bicara Dewan Keamanan Ukraina, Andrey Lysenko dalam konferensi pers.
“Untuk menyangkal tragedi ini, maka Rusia merilis banyak gambar dan peta satelit. Kami akan meneliti setiap foto dan rencana lain yang dihasilkan oleh pihak Rusia”.  Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan pada hari Senin (21/07/2014) bahwa Kiev memiliki “bukti kuat” dari penyebab kecelakaan MH17.
“Kita tahu persis tempat dimana rudal dari permukaan-ke-udara diluncurkan, dan kita tahu persis tempat di mana ia telah menghantam pesawat sipil itu dan tempat di mana pesawat itu jatuh”. Kiev siap untuk menyerahkan informasi kepada komisi penyelidikan internasional (international investigation commission), menurut layanan info dari presiden.
Penyelidik Belanda Pimpin Identifikasi Korban MH17
Iring-iringan mobil jenazah yang membawa peti mati korban Malaysia Airlines MH17 dari Eindhoven ke Hilversum (AFP/Getty Images)
Iring-iringan mobil jenazah yang membawa peti mati korban Malaysia Airlines MH17 dari Eindhoven ke Hilversum (AFP/Getty Images)
Pemerintah Belanda memimpin proses identifikasi korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Perdana Menteri Mark Rutte memperingatkan proses ini bisa memakan waktu.
Anggota tim forensik Belanda (LTFO) akan bekerja sama dengan ahli lain untuk memindahkan mayat dari penumpang MH17 ke pesawat yang dibawa.
Sekira 193 dari 298 penumpang MH17 adalah warga negara Belanda. Selama lima hari sejak pesawat itu jatuh di Ukraina, jenazah dari para penumpang dibiarkan tergeletak di lapangan lokasi kejadian.
Kemudian sekitar 200 jenazah para korban kecelakaan Malaysia Airlines MH17 tiba di Eindhoven, Belanda, Rabu (23/7/2014). Pemerintah Belanda menyatakan hari berkabung nasional. Kedatangan jenazah disambut dengan duka cita oleh para bangsawan kerajaan, Perdana Mentri Mark Rutte, dan para kerabat korban.
Kelompok separatis mengklaim mereka telah menemukan dan menyerahkan sebanyak 282 jenazah lengkap, serta beberapa bagian tubuh dari 16 korban lainnya. Namun setelah menghitung ulang, Pemerintah Belanda mengklaim hanya membawa 200 jenazah. Sebanyak 98 korban lainnya diperkirakan masih hilang.
Sementara kelompok separatis Ukraina Pro-Rusia dilaporkan telah menyerahkan dua kotak hitam MH17 kepada Otoritas Malaysia. Kotak hitam ini diharapkan dapat memecahkan misteri jatuhnya MH17.
bendera setengah tiang di Eindhoven airport malaysia airlines mh-17
Konvoi mobil jenazah korban Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di atas wilayah yang dikuasai pemberontak di timur Ukraina, melewati barisan bendera internasional (termasuk bendera Indonesia) yang dikibarkan setengah tiang tanda berduka, saat meninggalkan bandara Eindhoven ke sebuah pangkalan militer di Hilversum 23 Juli 2014. (The convoy of hearses with the remains of the victims of Malaysia Airlines MH17 downed over rebel-held territory in eastern Ukraine, drives past international flags as it leaves Eindhoven airport to a military base in Hilversum July 23, 2014). (Reuters / Francois Lenoir).
Kedua Kotak Hitam Ditemukan dan Akan Diteliti
Tim Penyidik akan mulai memeriksa kedua kotak hitam dari Pesawat Malasysia Airlines MH17 pada Kamis 24 Juli 2014. Upaya ini dilakukan untuk menganalisis hasil dari rekaman suara kokpit (CVR) MH17 untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Dewan Keselamatan Belanda (DSB) bahwa pemeriksaan pada perekam data penerbangan akan berlangsung hari ini.
“Ini akan menunjukkan apakah perekam ini juga berisi informasi yang relevan, dalam hal ini data dari kedua perekam akan dikombinasikan,” tutur perwakilan DSB, seperti dikutip Sky News, Kamis (24/7/2014). “Sejauh ini tidak ditemukan kerusakan terhadap CVR dan memori perekam juga masih utuh,” tambahnya.
Usai data dari kotak hitam sudah terkumpul para tim penyidik masih harus melakukan analisa dan penyelidikan lebih lanjut terhadap hasil yang ditemukan.
Informasi yang terdapat dari CVR diyakini bisa mengungkapkan apakah pilot menyadari bahwa ada serangan rudal yang ditargetkan kepada MH17. Selain itu data ini juga bisa memberikan penjelasan apa yang terjadi dalam beberapa detik terakhir sebelum pesawat tersebut jatuh.
black box mh-17 kotak hitam mh-17
Kotak Hitam ke-2 dari MH17 tampak sedang dimasukkan ke tempat khusus untuk diteliti. (Foto: Reuters)
Manifest Penumpang dan Awak / Crew Pesawat
Berikut ini daftar manifest korban MH-17 yang berjumlah 298 orang, terdiri dari 283 penumpang dan 15 krew yang dikeluarkan oleh Malaysia Airlines.
Urutan berdasarkan nama belakang/nama keluarga, nama depan, status (Mr, Mr, Mrs, Miss) lalu kewarga-negaraan dan diakhiri oleh jenis kelamin, M=Male (laki) dan F=Female (wanita) :
MH-17 PASSENGERS
1 ALDER/JOHN MR UNITED KINGDOM M
2 ALLEN/CHRISTOPHER MR NETHERLANDS M
3 ALLEN/IAN MSTR NETHERLANDS M
4 ALLEN/JOHN MR UNITED KINGDOM M
5 ALLEN/JULIAN MR NETHERLANDS M
6 ANDERSON/STEPHEN LESLIE MR UNITED KINGDOM M
7 ANGHEL/ANDREI MR CANADA M
8 ANTHONYSAMY/MABEL MS MALAYSIA F
9 AVNON/ITHAMAR MR NETHERLANDS M
10 AYLEY/ROBERT MR UNITED KINGDOM M
11 BAAY/JOYCE MRS NETHERLANDS F
12 BAKER/THERESA MRS AUSTRALIA F
13 BAKER/WAYNE MR AUSTRALIA M
14 BAKKER/WILLEM MR NETHERLANDS M
15 BATS/ROWEN MR NETHERLANDS M
16 BELL/EMMA MISS AUSTRALIA F
17 BINDA/NATASHJA MRS NETHERLANDS F
18 BIN TAMBI/MUHAMMAD AFRUZ MR MALAYSIA M
19 BIN TAMBI/MUHAMMAD AFZAL MR MALAYSIA M
20 BINTI TAMBI/MARSHA AZMEENA MS MALAYSIA F
21 BORGSTEEDE/HELEN MS NETHERLANDS F
22 BRAS/CATHARINA MRS NETHERLANDS F
23 BROGHAMMER/WILHELMINALOUISE MRS GERMAN F
24 BROUWER/THERESE MRS NETHERLANDS F
25 BROUWERS/ELISABETH MRS NETHERLANDS F
26 CAMFFERMAN/ANTON MR NETHERLANDS M
27 CHARDOME/BENOIT MR BELGIUM M
28 CLANCY/CAROL MRS AUSTRALIA F
29 CLANCY/MICHAEL MR AUSTRALIA M
30 CROLLA/REGIS MR NETHERLANDS M
31 CUIJPERS/EDITH MRS NETHERLANDS F
32 DALSTRA/AUKE MR NETHERLANDS M
33 DALZIEL/CAMERON MR UNITED KINGDOM M
34 DANG/MINHCHAU MRS NETHERLANDS F
35 DANG/QUOCDUY MR NETHERLANDS M
36 DAVISON/FRANCESCA MRS AUSTRALIA F
37 DAVISON/LIAM MR AUSTRALIA M
38 DEBORST/ELSEMIEK MRS NETHERLANDS F
39 DEBRUIN/BARBARAMARIA MRS NETHERLANDS F
40 DEHAAN/JOHANNA MRS NETHERLANDS F
41 DEJONG/ANNETJE MRS NETHERLANDS F
42 DEKUIJER/PIM WILHELM MR NETHERLANDS M
43 DELEEUW/SASKIA MRS NETHERLANDS F
44 DERDEN/LILIANE MS AUSTRALIA F
45 DERIDDER/ESTHERMRS NETHERLANDS F
46 DEROO/JOOPALBERT MR NETHERLANDS M
47 DESADELEER/CHRISTIENE MRS NETHERLANDS F
48 DESCHUTTER/MARIA ADRIANA MRS NETHERLANDS F
49 DEVOS/MAARTEN MR NETHERLANDS M
50 DEVRIES/AAFKE MRS NETHERLANDS F
51 DEWA/SHALIZA ZAINI MS MALAYSIA F
52 DEWAAL/ESTHER MRS NETHERLANDS F
53 DJODIKROMO/DONNY TOEKIRAN MR NETHERLANDS M
54 DYCZYNSKI/FATIMA MISS GERMAN F
55 ENGELS/LISANNE LAURA MISS NETHERLANDS F
56 ERNST/TAMARA MS NETHERLANDS F
57 ESSERS/EMMA MRS NETHERLANDS F
58 ESSERS/PETER MR NETHERLANDS M
59 ESSERS/VALENTIJN MR NETHERLANDS M
60 FAN/SHUN PO MR NETHERLANDS M
61 FOO/MING LEE MR MALAYSIA M
62 FREDRIKSZ/BRYCE MR NETHERLANDS M
63 GAZALEE/ARIZA BINTI MS MALAYSIA F
64 GIANOTTEN/ANGELIQUE MRS NETHERLANDS F
65 GOES/KAELAMAYA JAY MSTR MALAYSIA M
66 GOES/PAUL MR NETHERLANDS M
67 GRIPPELING/MARCO MR NETHERLANDS M
68 GROOTSCHOLTEN/WILHELMUS MR NETHERLANDS M
69 GUARD/JILLHELEN MRS AUSTRALIA F
70 GUARD/ROGER WATSON DR AUSTRALIA M
71 GUNAWAN/DARRYL MR PHILIPPINES M
72 GUNAWAN/HADIONO MR INDONESIA M
73 GUNAWAN/IRENE MRS PHILIPPINES F
74 GUNAWAN/SHERRYL MS PHILIPPINES F
75 HAKSE/ANNEMIEKE MRS NETHERLANDS F
76 HALLY/DAVY JOSEPH GERARDUS MA NETHERLANDS M
77 HALLY/MEGAN NETHERLANDS F
78 HASTINI/YULI MRS INDONESIA F
79 HEEMSKERK/GEERTRUIDA MRS NETHERLANDS F
80 HEERKENS/LIDWINA MRS NETHERLANDS F
81 HEMELRIJK/ROBIN MR NETHERLANDS M
82 HENDRY MR INDONESIA M
83 HIJMANS/SUSAN MRS NETHERLANDS F
84 HOARE/ANDREW MR UNITED KINGDOM M
85 HOARE/FRISO MR NETHERLANDS M
86 HOARE/JASPER MR NETHERLANDS M
87 HOONAKKER/KATHARINA MRS NETHERLANDS F
88 HORDER/HOWARD MR AUSTRALIA M
89 HORDER/SUSAN MRS AUSTRALIA F
90 HORNIKX/ASTRID MRS NETHERLANDS F
91 HUIJBERS/PIETER JAN WILLEM NETHERLANDS M
92 HUIZEN/ARNOUD MR NETHERLANDS M
93 HUIZEN/YELENA CLARICE MSTR INDONESIA F
94 HUNTJENS/MARIA MRS NETHERLANDS F
95 IOPPA/OLGA MRS GERMAN F
96 JANSSEN/CORNELIA MRS NETHERLANDS F
97 JESURUN/KEVIN MR NETHERLANDS M
98 JHINKOE/RISHI MR NETHERLANDS M
99 JIEE/TAMBI BIN MR MALAYSIA M
100 JRETNAM/SUBASHNI MRS MALAYSIA F
101 KAMSMA/MATTHEUS MR NETHERLANDS M
102 KAMSMA/QIU MSTR NETHERLANDS M
103 KAPPEN/YVONNE MRS NETHERLANDS F
104 KARDIA/VICKILINE KURNIATI MRS INDONESIA F
105 KARNAILSINGH/KARAMJITSINGH MR MALAYSIA M
106 KEIJZER/KARLIJN MRS NETHERLANDS F
107 KOOIJMANS/BARRY MR NETHERLANDS M
108 KOOIJMANS/ISA MISS NETHERLANDS F
109 KOOIJMANS/MIRA MRS NETHERLANDS F
110 KOTTE/OSCAR MR NETHERLANDS M
111 KOTTE/REMCO MR NETHERLANDS M
112 KROON/HENDRIKROKUS MR NETHERLANDS M
113 LAHAYE/JOHANNES MR NETHERLANDS M
114 LAHENDA/GERDA LELIANA MS INDONESIA F
115 LAMBREGTS/HUBERTUS MR NETHERLANDS M
116 LANGE/JOSEPH MR NETHERLANDS M
117 LAUSCHET/GABRIELE MS GERMAN F
118 LEE/JIANHANBENJAMIN MSTR MALAYSIA M
119 LEE/KIAH YEEN MS MALAYSIA F
120 LEE/MONA CHENG SIM MRS AUSTRALIA F
121 LEE/WHY KEONG MR AUSTRALIA M
122 LIEW/YAU CHEE MR MALAYSIA M
123 LOH/YANHWA MRS NETHERLANDS F
124 MAAS/HENRICUS MR NETHERLANDS M
125 MAHADY/EDEL MRS AUSTRALIA F
126 MAHLER/EMIEL MR NETHERLANDS M
127 MARCKELBACH/LISA MRS NETHERLANDS F
128 MARTENS/ELIZABETH MRS NETHERLANDS F
129 MARTENS/SANDRA MRS NETHERLANDS F
130 MASLIN/EVIE COCO ANNE MISS AUSTRALIA F
131 MASLIN/MO ROBERT ANDERSON MR AUSTRALIA M
132 MASLIN/OTIS SAMUEL FREDERICK MSTR AUSTRALIA M
133 MASTENBROEK/TINA PAULINE MRS NETHERLANDS F
134 MAYNE/RICHARD MR UNITED KINGDOM M
135 MD SALIM/MOHD ALI BIN MR MALAYSIA M
136 MEIJER/INGRID MRS NETHERLANDS F
137 MEIJER/SASCHAMRS NETHERLANDS F
138 MENKE/GERARDUS MR NETHERLANDS M
139 MENKE/MARY MRS NEW ZEALAND F
140 MEULEMAN/HANNAH SOPHIA NETHERLANDS F
141 MISRAN/ANELENE ROSTIJEM MS NETHERLANDS F
142 MOORS/AUGUSTINUS MR NETHERLANDS M
143 MULA/MELINGANAK MALAYSIA M
144 NELISSEN/JOHANNA MRS NETHERLANDS F
145 NG/LYETIELISABETH MS MALAYSIA F
146 NG/QINGZHENG MR MALAYSIA M
147 NG/SHI ING MRS MALAYSIA F
148 NGUYEN/NGOCMINH MRS NETHERLANDS F
149 NIEBURG/TIM MR NETHERLANDS M
150 NIEVEEN/DAFNE MRS NETHERLANDS F
151 NIEWOLD/TALLANDERFRANCISCUS MR NETHERLANDS M
152 NOOR/RAHIMMAH MRS MALAYSIA F
153 NOREILDE/JAN MR BELGIUM M
154 NOREILDE/STEVEN MR BELGIUM M
155 NORRIS/NICOLL CHARLES ANDERSON MR AUSTRALIA M
156 NUESINK/JOLETTE MRS NETHERLANDS F
157 OBRIEN/JACK SAMUEL MR AUSTRALIA M
158 OEHLERS/DAISY MRS NETHERLANDS F
159 ORESHKIN/VICTOR MR AUSTRALIA M
160 OTTOCHIAN/JULIAN MSTR NETHERLANDS M
161 OTTOCHIAN/SERGIO MR NETHERLANDS M
162 PALM/LUBBERTA MRS NETHERLANDS F
163 PANDUWINATA/MIGUEL G MSTR NETHERLANDS M
164 PANDUWINATA/SHAKA T MR NETHERLANDS M
165 PARLAN/HASNI HARDI BIN MR MALAYSIA M
166 PAULISSEN/JOHNNY MR NETHERLANDS M
167 PAULISSEN/MARTIN MR NETHERLANDS M
168 PAULISSEN/SRI MISS NETHERLANDS F
169 PIJNENBURG/SJORS ADRIANUS MR NETHERLANDS M
170 PLOEG/ALEX MR NETHERLANDS M
171 PLOEG/ROBERT MR NETHERLANDS M
172 POCOCK/BENJAMIN MR UNITED KINGDOM M
173 PUNJABI/KAUSHALYA JAIRAMDAS DATIN MALAYSIA F
174 RAAP/HIELKJE MS NETHERLANDS F
175 RENKERS/JEROEN MR NETHERLANDS M
176 RENKERS/TIM MR NETHERLANDS M
177 RISAH/DAISY MRS NETHERLANDS F
178 RIZK/ALBERT MR AUSTRALIA M
179 RIZK/MAREE MRS AUSTRALIA F
180 RUIJTER/CATHARINA MRS NETHERLANDS F
181 RYDER/ARJEN MR AUSTRALIA M
182 RYDER/YVONNE MRS AUSTRALIA F
183 SCHANSMAN/QUINN MR NETHERLANDS M
184 SCHILDER/CORNELIS MR NETHERLANDS M
185 SCHUYESMANS/RIK MR BELGIUM M
186 SIDELIK/HELENA MS AUSTRALIA F
187 SITI AMIRAH/BINTI PARAWIRA MRS MALAYSIA F
188 SIVAGNANAM/MATTHEW EZEKIAL MASTER MALAYSIA M
189 SIVAGNANAM/PAUL RAJASINGAM MR MALAYSIA M
190 SLOK/GARY MR NETHERLANDS M
191 SMALLENBURG/CARLIJN MRS NETHERLANDS F
192 SMALLENBURG/CHARLES MR NETHERLANDS M
193 SMALLENBURG/WERTHER MSTR NETHERLANDS M
194 SMOLDERS/MARIA MRS NETHERLANDS F
195 SOETJIPTO/JANE M ADI MRS INDONESIA F
196 SOUREN/PETER MR NETHERLANDS M
197 SPECKEN/REINMAR MR NETHERLANDS M
198 STUIVER/CORNELIA MRS NETHERLANDS F
199 SUJANA/WAYAN MR INDONESIA M
200 SUPARTINI MRS INDONESIA F
201 SWEENEY/LIAM MR UNITED KINGDOM M
202 TAMBI/MUHAMMAD AFIF BIN MR MALAYSIA M
203 TAMTELAHITU/CHARLES ELIZA DAVID MR NETHERLANDS M
204 TAN/SIEW POH MDM MALAYSIA F
205 TEOH/ELAINE MISS MALAYSIA F
206 THEISTIASIH/YODRICUNDA MRS INDONESIA F
207 THOMAS/GLENNRAYMOND MR UNITED KINGDOM M
208 TIERNAN/MARY MS AUSTRALIA F
209 TIMMERS/GERARDUS MR NETHERLANDS M
210 TOL/CORNELIA MRS NETHERLANDS F
211 TOURNIER/HENDRIKJAN MR NETHERLANDS M
212 TRUGG/LIV MISS NETHERLANDS F
213 TRUGG/REMCO MR NETHERLANDS M
214 TRUGG/TESS MISS NETHERLANDS F
215 UIJTERLINDE/THAMSANQA MR NETHERLANDS M
216 VANDEKRAATS/LORENZO MR NETHERLANDS M
217 VANDEKRAATS/ROBERTJAN MR NETHERLANDS M
218 VANDEMORTEL/JEROEN MR NETHERLANDS M
219 VANDEMORTEL/MILIA MISS NETHERLANDS F
220 VANDENHENDE/JOHANNES RUDOLFUS MR NETHERLANDS M
221 VANDENHENDE/MARGAUX LARISSA MSTR NETHERLANDS F
222 VANDENHENDE/MARNIX REDUAN MR NETHERLANDS M
223 VANDENHENDE/PIERS ADNAN MR NETHERLANDS M
224 VANDENSCHOOR/CHRISTINA ANNA ELISA MS NETHERLANDS F
225 VANDERGRAAFF/LAURENS MR NETHERLANDS M
226 VANDERLEIJ/JENNIFER MRS NETHERLANDS F
227 VANDERLINDE/MARK MR NETHERLANDS M
228 VANDERLINDE/MEREL MRS NETHERLANDS F
229 VANDERLINDE/ROBERT MR NETHERLANDS M
230 VANDERMEER/BENTE MISS NETHERLANDS F
231 VANDERMEER/FLEUR MISS NETHERLANDS F
232 VANDERMEER/SOPHIE MRS NETHERLANDS F
233 VANDERPOEL/ERICUS MR NETHERLANDS M
234 VANDERSANDE/PAULUS MR NETHERLANDS M
235 VANDERSANDE/STEVEN MR NETHERLANDS M
236 VANDERSANDE/TESSA MRS NETHERLANDS F
237 VANDERSAR/INGE MRS NETHERLANDS F
238 VANDERSTEEN/JAN MR NETHERLANDS M
239 VANDERWEIDE/FRANK MR NETHERLANDS M
240 VANDOORN/APRIL MRS NETHERLANDS F
241 VANDOORN/CAROLINE MRS NETHERLANDS F
242 VANDUIJN/GIJSBERT MR NETHERLANDS M
243 VANELDIJK/PETRONELLA MRS NETHERLANDS F
244 VANGEENE/RENE MR NETHERLANDS M
245 VANHEIJNINGEN/ERIK PETER MR NETHERLANDS M
246 VANHEIJNINGEN/ZEGER LEONARD MR NETHERLANDS M
247 VANKEULEN/ALLARD MR NETHERLANDS M
248 VANKEULEN/JEROEN MR NETHERLANDS M
249 VANKEULEN/ROBERT MR NETHERLANDS M
250 VANLANGEVELD/PETRAMRS NETHERLANDS F
251 VANLUIK/KLAAS WILLEM MR NETHERLANDS M
252 VANMENS/LUCIEPAULAMARIA MS NETHERLANDS F
253 VANMUIJLWIJK/ADINDA LARASATI PUTRI MS NETHERLANDS F
254 VANMUIJLWIJK/EMILE MR NETHERLANDS M
255 VANNIELEN/STEFAN F W MR NETHERLANDS M
256 VANTONGEREN/JACQUELINE MRS NETHERLANDS F
257 VANVELDHUIZEN/ANTHONIUS MR NETHERLANDS M
258 VANVELDHUIZEN/PIJKE MSTR NETHERLANDS M
259 VANVELDHUIZEN/QUINT MSTR NETHERLANDS M
260 VANVREESWIJK/HUUB MR NETHERLANDS M
261 VANWIGGEN/WINNEKE MRS NETHERLANDS F
262 VANZIJTVELD/FREDERIQUE MRS NETHERLANDS F
226 VANDERLEIJ/JENNIFER MRS NETHERLANDS F
227 VANDERLINDE/MARK MR NETHERLANDS M
228 VANDERLINDE/MEREL MRS NETHERLANDS F
229 VANDERLINDE/ROBER TMR NETHERLANDS M
230 VANDERMEER/BENTE MISS NETHERLANDS F
231 VANDERMEER/FLEUR MISS NETHERLANDS F
232 VANDERMEER/SOPHIE MRS NETHERLANDS F
233 VANDERPOEL/ERICUS MR NETHERLANDS M
234 VANDERSANDE/PAULUS MR NETHERLANDS M
235 VANDERSANDE/STEVEN MR NETHERLANDS M
236 VANDERSANDE/TESSA MRS NETHERLANDS F
237 VANDERSAR/INGE MRS NETHERLANDS F
238 VANDERSTEEN/JAN MR NETHERLANDS M
239 VANDERWEIDE/FRANK  MR NETHERLANDS M
240 VANDOORN/APRIL MRS NETHERLANDS F
241 VANDOORN/CAROLINE MRS NETHERLANDS F
242 VANDUIJN/GIJSBERT MR NETHERLANDS M
243 VANELDIJK/PETRONELLA MRS NETHERLANDS F
244 VANGEENE/RENE MR NETHERLANDS M
245 VANHEIJNINGEN/ERIK PETER MR NETHERLANDS M
246 VANHEIJNINGEN/ZEGER LEONARD MR NETHERLANDS M
247 VANKEULEN/ALLARD MR NETHERLANDS M
248 VANKEULEN/JEROEN MR NETHERLANDS M
249 VANKEULEN/ROBERT MR NETHERLANDS M
250 VANLANGEVELD/PETRA MRS NETHERLANDS F
251 VANLUIK/KLAAS WILLEM MR NETHERLANDS M
252 VANMENS/LUCIEPAULAMARIA MS NETHERLANDS F
253 VANMUIJLWIJK/ADINDA LARASATI PUTRI MS NETHERLANDS F
254 VANMUIJLWIJK/EMILE MR NETHERLANDS M
255 VANNIELEN/STEFAN F W MR NETHERLANDS M
256 VANTONGEREN/JACQUELINE MRS NETHERLANDS F
257 VANVELDHUIZEN/ANTHONIUS MR NETHERLANDS M
258 VANVELDHUIZEN/PIJKE MSTR NETHERLANDS M
259 VANVELDHUIZEN/QUINT MSTR NETHERLANDS M
260 VANVREESWIJK/HUUB MR NETHERLANDS M
261 VANWIGGEN/WINNEKE MRS NETHERLANDS F
262 VANZIJTVELD/FREDERIQUE MRS NETHERLANDS F
263 VANZIJTVELD/ROBERTJAN MR NETHERLANDS M
264 VERHAEGH/KIM ELISA PETRONELLA NETHERLANDS F
265 VERMEULEN/MARIE MRS NETHERLANDS F
266 VLEESENBEEK/ERIK MR NETHERLANDS M
267 VOORHAM/CORNELIA MRS NETHERLANDS F
268 VORSSELMAN/WOUTER MR NETHERLANDS M
269 VRANCKX/ELINE MRS NETHERLANDS F
270 WAGEMANS/HENDRIK MR NETHERLANDS M
271 WALS/AMEL MRS NETHERLANDS F
272 WALS/BRETT MR NETHERLANDS M
273 WALS/JEROEN MR NETHERLANDS M
274 WALS/JINTE MRS NETHERLANDS F
275 WALS/SOLENN MISS NETHERLANDS F
276 WELS/LEONARDUS MR NETHERLANDS M
277 WELS/SEM MSTR NETHERLANDS M
278 WESTERVELD/INEKE MRS NETHERLANDS F
279 WIARTINI/KETUT MRS INDONESIA F
280 WITTEVEEN/MARIT MRS NETHERLANDS F
281 WITTEVEEN/WILLEM MR NETHERLANDS M
282 YURIANI/NINIK MRS INDONESIA F
283 ZANTKUIJL/DESIREE MRS NETHERLANDS F
MH17 TECH & CABIN CREW
1 Captain WAN AMRAN BIN WAN HUSSIN, Malaysia, M
2 Captain CHOO JIN LEONG, EUGENE, Malaysia, M
3 First Officer AHMAD HAKIMI BIN HANAPI, Malaysia, M
4 First Officer MUHAMAD FIRDAUS BIN ABDUL RAHIM, Malaysia, M
5 In-flight Supervisor MOHD GHAFAR BIN ABU BAKAR, Malaysia, M
6 Chief Stewardess DORA SHAHILA BINTI KASSIM, Malaysia, F
7 Chief Stewardess AZRINA BINTI YAKOB, Malaysia, F
8 Leading Stewardess LEE HUI PIN, Malaysia, F
9 Leading Stewardess MASTURA BINTI MUSTAFA, Malaysia, F
10 Flight Stewardess CHONG YEE PHENG, Malaysia, F
11 Flight Steward SHAIKH MOHD NOOR BIN MAHMOOD, Malaysia, M
12 Flight Steward SANJID SINGH SANDHU Malaysia, M
13 Flight Stewardess HAMFAZLIN SHAM BINTI MOHAMED ARIFIN Malaysia F
14 Flight Stewardess NUR SHAZANA BINTI MOHAMED SALLEH, Malaysia, F
15 Flight Stewardess ANGELINE PREMILA RAJANDARAN, Malaysia, F
(Sumber: The Daily Telegraph/Daily Mail/Tempo/NatGeoIndonesia/Kompas/Tribunnews/Interfax/Twitter/Facebook/Instagram/Reuters/Rusia Today/Gazeta/Itar-Tass/Flightglobal/The Star Online/Huffingtonpost/Mirror.co.uk/berbagai sumber lainnya)
Malaysia Airlines MH-17 victims passengers _pressdisplay
Beberapa korban Malaysia Airlines nomor penerbangan MH-17
korban wanita MH-17 female victims
Beberapa korban wanita Malaysia Airlines nomor penerbangan MH-17
PHOTO: A pro-Russia fighter stands on guard the crash site of a Malaysia Airlines jet near the village of Hrabove, eastern Ukraine, Saturday, July 19, 2014.
A pro-Russia fighter stands on guard the crash site of a Malaysia Airlines jet near the village of Hrabove, eastern Ukraine, Saturday, July 19, 2014. (Evgeniy Maloletka/AP Photo – via abcnews)
PHOTO: A policeman inspects the site of a crashed Malaysia Airlines passenger plane near the village of Rozsypne, Ukraine, eastern Ukraine Friday, July 18, 2014.
A policeman inspects the site of a crashed Malaysia Airlines passenger plane near the village of Rozsypne, Ukraine, eastern Ukraine Friday, July 18, 2014. (Dmitry Lovetsky/AP Photo – via: abcnews)
https://pbs.twimg.com/media/BswtZV6CEAAQfD2.jpg
Puing MH-17 yang hangus terbakar
mh-17 debris puing 06
Puing MH-17 yang hangus terbakar
mh-17 debris puing 02
Potongan puing MH-17 yang tergeletak dipinggir jalan.
mh-17 debris puing 03
Potongan puing MH-17 yang tergeletak dipinggir jalan.
mh-17 debris puing 05
Potongan puing logo ekor Malaysia Airlines MH-17 yang tergeletak di tengah padang rumput.
mh-17 debris puing 04
Korban ditengah puing MH-17 yang hangus terbakar
mh-17 debris puing 08
Korban ditengah puing MH-17 yang hangus terbakar
VIDEOS :
Artikel Lainnya:

((IndoTruth.blogspot.com))
((IndoCropCircles.wordpress.com))

Posting Komentar

0 Komentar